KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Alloh SWT atas segala Rahmat, Taufik, dan Hidayahnya, sehingga
buku IPA SD/MI ini dapat terselesaikan dengan sebaik mungkin.
Buku
panduan ini disusun berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan seperti
telah ditetapkan BSNP pada tahun 2006.
Buku ini
disajikan secara garis besar sehingga masih
memerlukan tambahan buku lain untuk menambah wawasan pengetahuan yang
ada di dalamnya.
Buku ini lebih bersifat mendorong timbulnya
pemikiran-pemikiran anak untuk mencoba sesuatu berdasarkan kemampuan dasar
manusia. Kegiatan mencoba akan mendorong lahirnya pengalaman atau mengalami
langsung suatu kejadian. Mengalami langsung, jauh lebih membekas dan menancap
dibenak anak sehingga melahirkan kebiasaan-kebiasaan positif dalam belajar IPA.
IPA tidak selalu menghafal tetapi IPA adalah ilmu tentang alam sehingga untuk
menguasainya juga harus dikembalikan ke alam. IPA adalah kebiasaan alam yang
secara sadar dibukukan untuk diambil manfaatnya.
Buku
panduan ini bersumber dari beberapa buku pengetahuan alam yang terbit di dalam
maupun luar negeri. Selain itu juga bersumber pada internet khusus pendidikan
dan BSE yang telah diterbitkan pemerintah.
Penghargaan
yang setinggi-tingginya disampaikan kepada semua pihak yang secara langsung
maupun tidak langsung membantu terwujudnya buku panduan ini.
Semoga buku
ini bermanfaat untuk menambah wawasan
pengetahuan alam pada khususnya dan memajukan pendidikan sekolah pada
umumnya. Tak lupa saran dan kritik membangun sangat diharapkan untuk
kesempurnaan isi buku ini.
Trenggalek, 9 Januari 2012
SUSANTO, S.Pd
|
DAFTAR ISI
NO
|
NO BAB
|
ISI HALAMAN
|
HAL
|
||
i
|
KATA PENGANTAR
|
i
|
|||
1.
|
DAFTAR ISI
|
Ii
|
|||
2.
|
BAB 1
|
HUBUNGAN GAYA DAN GERAK, PERPINDAHAN DAN PERUBAHAN
ENERGI
|
1
|
||
3.
|
1
|
Hubungan Gaya dan Gerak
|
1
|
||
4.
|
1.1
|
Traktor Pegas
|
2
|
||
5.
|
1.2
|
Panah
|
2
|
||
6.
|
1.3
|
Jungkat-jungkit
|
3
|
||
7.
|
1.4
|
Ketapel
|
4
|
||
8.
|
1.5
|
Faktor yang Memengaruhi Gaya
|
4
|
||
9.
|
2
|
Perpindahan dan Perubahan Energi Listrik
|
5
|
||
10.
|
2.1
|
Gejala Kelistrikan
|
5
|
||
11.
|
2.2
|
Sumber Energi Listrik
|
6
|
||
12.
|
2.3
|
Perpindahan Energi Listrik
|
11
|
||
13.
|
2.4
|
Pengelompokan Sumber Listrik
|
11
|
||
14.
|
2.5
|
Konduktor dan Isolator Listrik
|
12
|
||
15.
|
2.6
|
Rangkaian Listrik
|
12
|
||
16.
|
2.6.1
|
Macam-macam Rangkaian Listrik
|
13
|
||
17.
|
2.7
|
Perubahan Energi Listrik
|
17
|
||
18.
|
BAB 2
|
PENGGUNAAN ENERGI
LISTRIK DAN PENGHEMATANNYA, MODEL PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK
|
22
|
||
19.
|
1
|
Penggunaan Energi Listrik dan Penghematannya
|
22
|
||
20.
|
1.1
|
Penggunaan Energi Listrik
|
22
|
||
21.
|
1.2
|
Penghematan Energi Listrik
|
25
|
||
22.
|
2
|
Membuat Suatu Karya/Model yang Menggunakan Energi Listrik
|
26
|
||
23.
|
2.1
|
Bel Listrik
|
26
|
||
24.
|
2.2
|
Model Alarm
|
27
|
||
25.
|
2.3
|
Model Lampu Lalu Lintas
|
28
|
||
26.
|
2.4
|
Model Mobil-mobilan
|
29
|
||
27.
|
2.5
|
Keselamatan Kerja
|
30
|
||
28.
|
BAB 3
|
MATAHARI SEBAGAI PUSAT
TATA SURYA DAN INTERAKSI BUMI DALAM TATA SURYA
|
31
|
||
29.
|
1
|
Sistem dan Penyusun Tata Surya
|
31
|
||
30.
|
1.1
|
Matahari
|
33
|
||
31.
|
1.1.1
|
Lapisan Penyusun Matahari
|
34
|
||
32.
|
1.2
|
Planet
|
37
|
||
33.
|
1.3
|
Satelit
|
54
|
||
|
1.3.1
|
Manfaat Satelit Orbit Bumi Bagi Kehidupan
|
57
|
||
35.
|
1.4
|
Komet
|
60
|
||
36.
|
1.5
|
Asteroid
|
62
|
||
37.
|
2
|
Rotasi Bumi, Revolusi Bumi dan Bulan
|
65
|
||
38.
|
2.1
|
Bumi
|
65
|
||
39.
|
2.1.1
|
Rotasi Bumi
|
65
|
||
40.
|
2.1.2
|
Revolusi bumi
|
69
|
||
41.
|
2.2
|
Bulan
|
72
|
||
42.
|
2.2.1
|
Revolusi Bulan Terhadap Bumi
|
72
|
||
43.
|
3
|
Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari
|
78
|
||
44.
|
3.1
|
Gerhana Bulan
|
72
|
||
45.
|
3.2
|
Gerhana Matahari
|
81
|
||
46.
|
4
|
Kalender Masehi dan Kalender Hijriah
|
86
|
||
47.
|
4.1
|
Kalender Masehi
|
86
|
||
48.
|
4.2
|
Kalender Hijriah
|
87
|
||
49.
|
DAFTAR PUSTAKA
|
90
|
|||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar